Latihan Prakarya Budidaya Tanaman Obat (LK-2)

Sebelum postingan ini kalian baca sampai habis, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kalian yang berkenan mampir di blog ini. Beberapa hari ini, setelah saya posting tentang jawaban budidaya tanaman obat yang LK-1, ada saja yang berkunjung di blog saya. Semula hanya beberapa perhari, sekarang bertambah walau bertambahnya tidak begitu banyak. Maklum, blog saya ini pengunjungnya sepi. Maka dari itu, bagi kalian yang mampir ke sini, saya ucapkan terima kasih banyak. Nah, karena ada yang berkunjung, maka kali ini saya melanjutkan untuk menjawab LK-2 yang ada di buku paket Prakarya. Silahkan dicek. Semoga kalian berkenan.


Tahapan Budidaya Tanaman Obat
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan budidaya tanaman obat antara lain;
  1. PembibitanPembibitan pada tanaman obat harus diperhatikan, apalagi terkait dengan bagaimana tanaman obat itu memperbanyak diri. Berikut cara tanaman memperbanyak diri anatar lain;Generatif; hasil kawan/biji, Vegetatif; stek, cangkok, okulsi, dan lain-lain.
  2. Pengolahan Tanah
  3. Penanaman
  4. Pemeliharaan
  5. Panen dan Pasca Panen
Video praktikum PrakaryaDI SINI.

Supaya kalian lebih paham, silahkan lihat hasil lembar kerja pada buku paket Prakarya pada aspek Budidaya yang ada di buku siswa, yaitu halaman 96.

Tugas Kelompok
Carilah tiga jenis tanaman obat yang memiliki cara perbanyak yang berbeda, lengkap dengan langkah-langkahnya.
Lakukan praktik salah satu perbanyakan tanaman obat secara vegetatif. (Lihat LK-2)

Lembar Kerja 2 (LK-2)
NAMA  : ..................................
KELAS    : ..................................
Identifikasi tekhnik perbanyakan tanaman obat!
No
Nama Tanama Obat
Tekhnik Perbanyakan
Langkah Kerja
1
Jambu Batu
Melalui biji (generatif)
Biji disemai sehingga menjadi bibit. Sebelum menjadi bibit, sebaiknya memperoleh dari tanaman dengan induk yang sehat dan memiliki hasil baik.
2
Sirih

Vegetatif: Stek

Mengambil bagian tanamana yaitu batang, kemudian dipotong dan langsung bisa ditanama. Sebaiknya memilih batang yang memang baik.
3
Patah Tulang
Vegetatif: Stek

Memotong bagian batang, lalu ditanam.
4
Temulawak
Vegetatif: Rimpang
Memilih rimpang temulawak yang besar atau biasa dikatakan ibunya. Pilih rimpang demikian lalu ditanam.
5
Jeruk Nipis
Generatif: biji
Memilih biji yang baik, kemudian disemaikan dengan cara yang baik; rendam terlebih dahulu, lalu ditanam (disemai) dengan tanah yang baik.
6
Kunyit
Vegetatif: Rimpang
Pilih rimpang yang baik lalu ditanam.

Dan masih banyak lainnya. Tentu, setiap daerah memiliki tanaman obat yang diunggulkan. Jadi, bagi kalian yang mau menjawabnya, silahkan pilih tanaman obat di daerah kalian gun alebih cepat mengidentifikasi tanaman tersebut.

Bagaimana cara mengidentifikasi yang baik?
Perlu kalian ketahui, mengidentifikasi berarti memperhatikan secara fisik. Jadi, kalian boleh membawa beberapa tanaman, atau pikirkan/bayangkan tanaman tersebut. Silahkan perhatikan bagiannya; batang, daun, bunga, akar, dan bagian lainnya. Gampang, kan?

Perlukah kalian mengungkapkan perasaan?

Perlu. Ini bertujuan supaya kalian tahu betul betapa besar kuasa Tuhan terhadap mahluk hidupnya. Dengan kalian tahu tentang budidaya tanaman obat, kalian sadar bahwa Tuhan telah menciptakan mahluknya dengan beragam dan tentu, setiap mahluk memiliki kegunaan. Jadi, Tuhan tidak menciptakan mahluknya dengan sia-sia. Maka dari itu, kalian harus rajin-rajin bersyukur.

3 komentar:

Berkomentar yang baik, ya. Cerita juga boleh di sini.

Diberdayakan oleh Blogger.