Praktikum Prakarya | Menguji Kemampuan Media Menyerap Air

Materi: Budidaya Tanaman Obat


Percobaan 1 Uji Kemampuan Media Mengikat/Menyimpan Air
Alat dan Bahan
  • Botol air mineral besar (1.500 cc), cutter, 3 jenis media tanam, air bening, stop watch, alat ukur cm/mm, dan kertas label.

Langkah-langkah
  • Potong botol plastik menjadi dua bagian. Potongan bagian atas diberi lubang-lubang kecil di dasarnya agar dapat mengalihkan air. Potongan bawah dijadikan wadah penampung air. Simpan botol air mineral yang diberi lubang pada bagian atas botol air mineral penampung.
  • Masukkan setiap contoh media ke dalam botol plastik. Berilah label pada tiap botol, kemudian letakkan di atas botol plastik yang berfungsi sebagai penampung air. Masukkan air dengan jumalah yang sama ke dalam botol yang sudah diisi media tanam secara bersama-sama.
  • Catatlah waktu saat jatuhnya air dan ukurlah berapa banyak air yang jatuh pada setiap media tanam.

Untuk menjawab pertanyaan di tabel, silahkan kalian tonton video berikut ini.

Lembar Kerja
Nama siswa        : ..................................................
Kelas                     : ..................................................

Uji Kemampuan Media Mengikat Air
NO
Media Tanam
Waktu
Jatuhnya Air
Banyaknya Air
Yang Jatuh
1



2



3





Apa kesimpulan kalian berdasarkan hasil percobaan tersebut? .....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

8 komentar:

Berkomentar yang baik, ya. Cerita juga boleh di sini.

Diberdayakan oleh Blogger.